MALANG KOTA – Bulan Desember, agaknya menjadi momen panen besar bagi hotel-hotel di Kota Malang. Untuk empat hari di awal Desember saja, sejumlah hotel mencatat tingkat okupansi (keterisian kamar) 100 persen.

Assistant Sales Manager Hotel Horison Ultima Malang Rere Arifiana mengungkapkan, revenue hingga 4 Desember sudah mencapai Rp 900 juta. Pendapatan tersebut diperoleh hanya dari kamar-kamar. ”Okupansi kami sudah mencapai 100 persen,” kata Rere, kemarin (4/12).

Hingga kemarin siang, tamu-tamu terus berdatangan di Hotel Horison Ultima. Bahkan, sempat terjadi penumpukan tamu yang menunggu waktu check-in di lobi. Sementara itu, Marketing Communication Manager Harris Hotel and Conventions Malang Nicky Olivia menyatakan, hingga 4 Desember, okupansi sudah mencapai 80 persen. ”Month to date-nya sudah bagus,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, tingginya okupansi ini dipicu momentum akhir tahun. Banyak instansi-instansi yang memanfaatkan hotel, untuk menggelar rapat.

Selain itu, okupansi akan mencapai puncaknya saat mendekati momen Natal-tahun baru. ”Bahkan untuk tahun baru, okupansi kamar kami sudah mencapai 60 persen,” kata dia.

Menurutnya, tamu dari luar kota masih mendominasi penjualan kamar. Misalnya Kediri, Blitar, Jakarta, Bandung, serta kawasan Jawa Tengah. ”Kami yakin, hingga akhir bulan okupansi bisa mencapai 94 persen,” ujarnya optimis.

Pewarta: Fisca Tanjung
Penyunting: Indra Mufarendra
Foto: Bayu Eka