KOTA BATU-Wali Kota Batu Eddy Rumpoko di akhir masa jabatannya bakal memprioritas pengembangan wisata berbasis alam. Bahkan, wali kota yang akrab disapa ER ini juga mempersilakan warga untuk mengelola wisata alam di daerahnya.

“Tahun ini akan lebih banyak pengembangan wisata di wilayah hutan (wisata alam). Silakan warga Batu yang ingin berpartisipasi,” kata ER di kantornya, kemarin.

Menurutnya, pengembangan wisata ini juga untuk konservasi dalam rangka menjaga kelestarian alam. Karena secara geografis Batu jadi salah satu area konservasi di Jawa Timur. “Ini juga untuk mengantisipasi terjadinya bencana longsor,” ucap politisi PDIP ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Sinal Abidin menambahkan, pengembangan potensi wisata tersebut bukan untuk menyaingi wisata buatan yang sudah ada. Namun, tujuan utamanya untuk memberikan kesempatan pada masyarakat untuk mengembangkan potensi daerahnya. “Warga yang tinggal di pinggiran kota juga bisa dapat mata pencaharian yang layak,” imbuh pria asal Madura ini.

Dia mencontohkan, kawasan Coban Talun dan Rais di Kota Batu. Dua wisata alam di tepi hutan ini bisa membawa dampak positif bagi ekonomi warga sekitarnya. “Ke depan, wilayah lain juga bisa dikembangkan seperti Coban Talun dan Rais,” terangnya.

Pewarta: Farik Fajarwati
Penyunting: Imam Nasrodin
Foto: Rubianto