Dua badak putih koleksi Batu Secret Zoo ini sedang menikmati makanan tumpeng buah dan sayur-sayuran pada peringatan Hari Badak Sedunia kemarin.

KOTA BATU – Jumat (22/9) menjadi hari istimewa bagi dua badak bernama Tisa, 8, dan Kito, 7, koleksi Batu Secret Zoo atau Jawa Timur Park (JTP) 2. Badak bercula asal Afrika itu mendapat kado tumpeng dari buah dan sayur-sayuran. Di antaranya, semangka, kubis, apel, wortel, pepaya, dan sawi.

Tumpeng buah dan sayur-sayuran yang tadinya berdiri itu pun roboh saat diseruduk dengan cula. Tak lama kemudian, makanan itu pun dilahap oleh dua badak betina ini. Kado itu sengaja diberikan dalam rangka merayakan hari Badak Sedunia yang jatuh pada Jumat (22/9). Peringatan itu dikemas dengan tema ”Save Rhinos, Care for The Future”.

Peringatan Hari Badak itu juga diikuti oleh pengunjung. Di antaranya, diikuti oleh sejumlah murid SDN Ngaglik 2 Batu. Merekalah yang mempersiapkan tumpeng sebelum kedua badak itu dikeluarkan dari kandangnya. Anak-anak pun terlihat senang menyaksikan tumpeng yang disajikan dilahap badak.

Marketing and Public Relation Manager Jatim Park (JTP) Group Titik S. Ariyanto menyampaikan, pihaknya baru pertama kali menggelar peringatan tersebut. Peringatan itu dilakukan sejak JTP berdiri, 10 tahun lalu. ”Kami ingin menunjukkan kalau Jatim Park 2 concern (perhatian) pada kelangkaan badak,” ujarnya.

Selain itu, Titik melanjutkan, kegiatan itu juga sebagai sarana edukasi bagi para pengunjung. Dengan demikian, pengunjung juga tahu badak harus dilestarikan.

Sementara itu, dokter hewan Jatim Park 2 Batu Secret Zoo drh Prista Dwi Restanti menerangkan, badak putih saat ini sudah mulai langka dan punah. Oleh karena itu, harus dilestarikan. ”Populasinya memang banyak, tapi rentan punah,” ujarnya.

Dia menjelaskan, penyebab kepunahan badak putih itu dari perburuan liar. Dengan edukasi tersebut, diharapkan bisa menjadi edukasi bagi masyarakat untuk turut serta menjaga kelestarian badak.

Dia menyampaikan, koleksi badak Jatim Park 2 bakal bertambah. Rencananya bakal ada tambahan dua ekor badak putih. Satu badak jantan asal Afrika dan satu badak asal India.

Pewarta: Fisca Tanjung
Penyunting: Ahmad Yahya
Copy Editor: Indah Setyowati
Foto: Rubianto