KABUPATEN – Pantai Balekambang masih menjadi primadona pariwisata di Kabupaten Malang. Selama momen Lebaran tahun ini, pantai yang ada di wilayah Kecamatan Bantur itu dikunjungi hingga 11 ribu orang per hari.

Seperti yang terlihat kemarin (1/7), wisatawan terus berdatangan sejak pagi hingga sore hari. Kebanyakan wisatawan datang dengan membawa rombongan keluarganya. Di sana, mereka menikmati hamparan pasir hingga air laut Balekambang yang tenang.

Direktur Usaha Perusahaan Daerah (PD) Jasa Yasa Kabupaten Malang Ahmad Faiz Wildan menyatakan, selama momen Lebaran ini, peningkatan jumlah pengunjung terjadi di Pantai Balekambang. Saat hari H Lebaran, pantai hanya dikunjungi 800 orang. Tapi pada H+1, jumlah wisatawan yang datang naik lima kali lipat menjadi 4 ribuan orang. ”Kamis lalu (29/6), sudah tembus 11 ribu pengunjung,” kata Wildan kemarin.

Wildan menyatakan, untuk momen Lebaran tahun ini, pihaknya menargetkan 100 ribu pengunjung di Pantai Balekambang. Momen Lebaran itu dihitung hingga H+12 atau hingga 6 Juli 2017. ”Hingga hari ini (kemarin), setengah dari target itu sudah kami peroleh,” ujar alumnus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini.

Target itu lebih tinggi ketimbang sejumlah objek wisata lain di bawah kelolaan PD Jasa Yasa. Bahkan, Pantai Ngliyep hanya ditarget 12 ribu pengunjung. Sementara Pemandian Dewi Sri Pujon hanya ditarget 7 ribu pengunjung.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara optimistis tingkat kunjungan di pesisir pantai bisa menembus angka 120 ribu orang. ”Tahun lalu jumlah wisatawan yang berkunjung ke Malang Selatan mencapai 105 ribu wisatawan, tahun ini pastinya akan meningkat,” kata Made.

Made mengakui bahwa saat ini Pantai Balekambang memang masih menjadi primadona. Tapi, pantai bagus di Kabupaten Malang bukan hanya Balekambang.

Dia kemudian menyebut Pantai Modangan di Donomulyo dan Pantai Teluk Asmoro yang bisa menjadi primadona dalam beberapa tahun ke depan. ”Pantai Modangan mulai banyak dikunjungi. Keberadaan wisata paralayang di sana menjadi salah satu nilai plus,” ujarnya.

Sementara Pantai Teluk Asmoro memiliki ombak tenang, mirip dengan Pantai Balekambang. Melihat potensi itu, Pemkab Malang bakal memperbaiki akses menuju dua pantai tersebut. ”Sejauh ini untuk menjangkau kedua pantai itu medannya masih berupa jalan makadam. Jadi untuk kenyamanan pengunjung, akses jalan ini yang harus segera kami perbaiki,” imbuhnya. (adk/iik/c2/muf)