Selain terkenal dengan wisata alamnya yang bagus, ternyata Malang juga memiliki wisata kuliner yang enak-enak dan menggugah selera. Berbagai macam kuliner tersedia di Malang Raya, cafe-cafe unik nan ciamik pun mulai banyak bermunculuan dari yang indoor maupun outdoor.

Sejumlah cafe di Malang Raya memanfaatkan nuansa alamnya yang sejuk, hijau nan memukau untuk menarik para pecinta kuliner. Mengusung konsep outdoor, cafe-cafe ini benar-benar kongkowable. Berikut ini 5 cafe outdoor yang memiliki pemandangan yang bagus:

1. Bukit Delight

Bukit Delight merupakan café yang berada di daerah perbukitan kota Malang. Karena berada di kawasan perbukitan dan lebih tinggi daripada pusat kota Malang, Café ini memberikan suasana yang menarik, dimana pengunjung dapat menatap langsung kearah gunung panderman dan gunung banyak. Cafe ini berkonsep outdoor, sehingga pengunjung dapat melihat langsung langit dan lampu – lampu menyatu dengan suasana dataran tinggi. Soal menu makananan di bukit delight ini cukup lengkap dengan harga yang terjangkau. Lokasi bukit delight terletak di Jalan raya joyo agung nomor 1, Merjosari, Lowokwaru – Malang.

2. Dancok Café

Dancok Cafe merupakan akronim dari Daun Coklat Cafe. Sama seperti Bukit Delight, Dancok Cafe juga mengusung konsep outdoor dengan suguhan pemandangan alam yang menenangkan. Dancok Cafe terletak di kawasan Coban Rondo, tepatnya di Dsn. Sebaluh, Dsa. Pandensari, Kec. Pujon, Malang, Jawa Timur. Di kelilingi pepohonan yang menjulang tinggi, membuat sinar matahari cukup sulit untuk menembus masuk ke area cafe. Tak heran jika Dancok Cafe akan tetap terasa adem dan sejuk meski saat siang hari.

Menu yang ditawarkan di cafe ini memang sederhana dan tidak selengkap di cafe-cafe kota, cafe dancok memiliki menu seperti minuman hangat, minuman dingin, roti bakar, pisang goreng, mie instan dan lain-lain. Cukuplah untuk nyemil sambil menikmati pemandangan yang sangat indah.

3. Café Sawah

Cafe keren di malang lainya bisa kamu temukan di daerah Pujon, tepatnya di desa wisata Pujon Kidul, Malang. Dinamakan cafe sawah karena lokasinya berada di tengah sawah dengan view perbukitan hijau yang menyegarkan. Cafe outdoor di malang ini juga dilengkapi dengan taman yang instagramable.

Untuk menu makanan dan minuman di café ini menyediakan menu – menu warung biasa. Dan untuk masalah harga, menu di cafe ini sangat terjangkau.

4. Pupuk Bawang

Pupuk Bawang Cafe & Dinging terletak di samping gedung walikota Kota Batu, tepatnya di Jl. Panglima Sudirman No.116, Desa Pesanggrahan, Kota Batu, Jawa Timur. Cafe ini menawarkan view yang sungguh mendamaikan mata. Sejauh mata memandang disuguhkan dengan pegunungan, hamparan kebun bawang, kebun seledri dan persawahan. Soal menu makanannya pun sangat beragam, asian, western, dan Indonesian food. Harganya pun cukup terjangkau.

5. Cokelat Klasik

Cokelat klasik terletak di Jl. Raya Joyo Agung, Ruko Griya Amarta Kav. R2, Kota Malang. Café ini mengunsung konsep kafe ala desa, lengkap dengan perabotan serba kayu, gubuk-gubuk kecil yang cozy dan tanaman-tanaman rambat yang dibelit lampu kecil berkelap-kelip menambah kesan vintage.

Menu andalan cafe ini tentu saja racikan minuman coklatnya yang terdiri dari 11 varian rasa berbeda. Selain cokelat, menu makanan juga bisa ditemui di café ini. Harga menunya pun cukup terjangkau.

Pewarta: Muhammad Husen
Penyunting: Lizya Oktavia
Foto: Doli Siregar