TANGERANG SELATAN – Kalau selama ini mobil para petualang cenderung berbodi besar, Daihatsu mengeluarkan produk berbeda. Cast Activa, mobil konsep milik Daihatsu yang dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2016, Tangerang Selatan, ini bertubuh mungil, tapi sangar. Sebab, bentuk mobil ini seperti dengan mobil off-road.

Kenapa mobil ini disebut sangar? Executive Officer Research and Development PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Pradipto Sugondo menjelaskan, Cast Activa dilengkapi down hill assist dan tire grip control. Ditambah ban 15” dan lift up 80 mm.

”Sehingga menghasilkan akselerasi yang nyaman dan halus untuk berkendara off-road,” ujarnya, di sela-sela GIIAS, Kamis (11/8).

Marketing Director PT ADM Amelia Tjandra menambahkan, kehadiran Cast Activa merupakan jawaban ADM bagi para petualang. Sehingga mobil sekelas city car ini bisa meluncur di segala medan. Bisa di jalan berlumpur, kondisi banjir, berkelok-kelok, maupun tanjakan yang curam. Namun sayangnya, mobil dengan dominasi warna hijau itu diciptakan sebatas untuk melihat respons pasar.

”Lihat respons masyarakat dulu dari hasil survei. Baru nanti kami putuskan akan diproduksi atau tidak,” jelasnya, Kamis lalu.

Selain itu, Amelia mengatakan, belum ada target untuk memproduksi Cast Activa. ”Itu masih beberapa tahun lagi,” ujarnya.

Selain Cast Activa, Daihatsu juga pamer mobil produk terbarunya jenis MPV (multi purpose vehicle) – LCGC (low cost green car), Sigra. Jawa Pos Radar Malang menjadi yang pertama dan satu-satunya media di Malang Raya yang berkesempatan menjajal mobil tersebut di kawasan Sentul Bogor, Jumat (12/8).

Sigra sendiri dibuat dengan berbagai keunggulan. Mulai dari eksterior yang mengadopsi konsep sophisticated dan dynamic design. Selain itu, Sigra memiliki desain dengan struktur rangka berlapis guna melindungi pengendara apabila terjadi benturan.

Sistem keamanan Sigra juga tak perlu diragukan lagi. Sebab, telah ditunjang dengan teknologi dual SRS (supplemental restraint system) air bag hingga anti locked brake system (ABS).

”Menjadikan Sigra sebagai satu-satunya mobil LCGC dengan harga terjangkau tapi punya fitur berlimpah di kelasnya,” pungkas Amelia.

Di Kota Malang, Daihatsu Sigra telah hadir sejak Jumat lalu (12/8). Harga yang dipatok kisaran Rp 113 juta hingga Rp 150 jutaan.

Oleh: Lizya Oktavia Kristanti