SUMBERPUCUNG – Destinasi wisata yang gampang diakses sekaligus murah meriah kian banyak bermunculan di Kabupaten Malang. Seperti hadirnya Jurang Toleh di Desa Jatiguwi, Kecamatan Sumberpucung ini. Tak hanya mengandalkan pesona danau plus taman, sejumlah wahana dihadirkan di tempat ini. Seperti bangunan panggung yang dibuat menyatu dengan pohon hingga dek terapung di pinggir danau yang di-setting untuk tempat berfoto.

Ketua Karang Taruna Desa Jatiguwi Andy Asli menyatakan, pembangunan tempat wisata Jurang Toleh sudah dimulai Juni 2017. ”Dan akhirnya bisa dibuka untuk umum H+3 Lebaran,” terang pria 29 tahun tersebut.

Saat ini, lokasi tersebut memang dikelola anggota karang taruna desa setempat. Karena sejak awal dibangun, pihak desa memang konsen untuk memiliki tempat wisata di wilayahnya. ”Harapan kami semua, di sini juga bisa dijadikan desa wisata,” sambung Andy.

Karena masih baru, pengelolanya belum memberlakukan tiket masuk. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang jasa parkir Rp 2 ribu. Untuk bisa keliling menikmati pesona Jurang Toleh, pengunjung hanya ditarik Rp 2 ribu per orang. Serupa, penyewaan kostum-kostum unik untuk pengambilan foto juga hanya cukup merogoh kocek Rp 2 ribu.

Pewarta: Falahi Mubarok & Bayu Mulya
Penyunting: Achmad Yani
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Falahi Mubarok