PONCOKUSUMO – Wanawisata tubing baru terus bermunculan di Kabupaten Malang. Selain Sedaer, Ledok Amprong, dan Kasembon Rafting, kini muncul Dam Wonorejo Adventure (DWA) di Desa Wonorejo, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Dengan memanfaatkan jeram-jeram menantang di Sungai Amprong, tempat wisata ini baru dibuka akhir Juni lalu.

Koordinator Wisata DWA Muhammad Akmal Zainudin menyampaikan, pembukaan tempat wisata tubing ini dilakukan para pemuda Karang Taruna Desa Wonorejo.

”Dulunya, aliran sungai ini biasa digunakan anak-anak desa untuk bermain. Setelah kami ukur, ternyata ada potensi untuk dijadikan tempat wisata. Karena itulah, kami coba untuk mengeksplor,” kata Akmal.

Selama tiga bulan, para pemuda karang taruna bersama perangkat desa mulai bekerja bakti untuk membersihkan serta menata lintasan tubing agar tetap aman dan nyaman ketika dilintasi wisatawan. Yang membedakan dengan wisata tubing di tempat lain, di DWA terdapat aliran dam dengan ketinggian sekitar 10 meter yang mirip dengan dam di kawasan Coban Rais.

”Kawasan dam ini yang rencananya kami kelola supaya bisa dijadikan tempat swafoto bagi para wisatawan sebelum terjun ke jeram sungai,” jelas Akmal.

Setelah dibuka, animo wisatawan untuk menjajal wahana baru ini lumayan banyak. Apalagi, sekarang bertepatan dengan libur Lebaran. Jadi, banyak wisatawan yang penasaran memacu adrenalin dengan menyusuri arus sungai sepanjang 1,5 kilometer dengan menggunakan karet ban itu.

Soal harga, karena baru saja dibuka, Akmal menyampaikan, satu orang membayar Rp 65 ribu. ”Itu sudah include snack dan makan,” imbuhnya.

Pewarta: Farikh Fajarwati
Penyunting: Achmad Yani
Copy Editor: Indah Setyowati
Foto: Farikh Fajarwati