JAKARTA – Tidung Festival 2017 yang dilaksanakan di Jembatan Cinta, Pulau Tidung pada Sabtu (19/8) berlangsung meriah. Berbagai kegiatan, serta penampilan Duo Mahadewi sukses menarik wisatawan baik nusantara maupun mancanegara yang datang ke 10 destinasi prioritas pariwisata pemerintah itu.

Perhelatan yang sudah ke-3 kali diselenggarakan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Kepulauan Seribu Irmansyah, bersama dengan Pejabat tinggi Kementerian Pariwisata Hari Untoro Drajat yang mewakili Menteri Pariwisata Arief Yahya, Asisten Departemen Bidang Budaya Provinsi DKI Jakarta Usmayadi, serta Asisten Bidang Pariwisata Provinsi DKI Jakarta Eldi Andi.

Hari Untoro dalam sambutannya menyampaikan Tidung Festival 2017 ini, selain meningkatkan program pariwisata di kepulauan seribu, juga menyuguhkan keindahan wisata alam, Pulau Tidung akan lebih menarik dengan percepatan Atraksi, Akses dan Amenitas. Sehingga dapat menjadi destinasi wisata pilihan para wisatawan lokal maupun asing.

“Masyarakat Pulau Tidung yang berjumlah 4 ribu jiwa hampir 80 persen, sumber kehidupan dari bahari, sangat tepat. Tetapi jika penghasilan ikan dari laut hanya 60 ribu, bila dialihkan ke pariwisata tentu akan lebih besar. Karena intinya semakin dilestarikan semakin mensejahterakan,” ujar Hari.

Tidung Festival 2017 sangat unik dari tahun sebelumnya. Terdapat serangkaian festival yang beragam, diantaranya Festival Musik, Festival Budaya, Festival Permainan Tradisional dan Festival Kuliner.

Bupati Kepulauan Seribu Irmansyah mengatakan Festival Tidung ini menjadi triger bagi kemajuan pariwisata di Kepulauan Seribu, pasalnya di Tanggal yang sama tahun 2018. Kepulauan Seribu yang masih berada di Jakarta akan siap menyambut para delegasi Asian Games.

“Kita terus mendorong perbaikan Transportasi, Infrastruktur. Kita semua tahun depan bulan Agustus 2018, Jakarta akan menjadi tuan rumah pesta olahraga ASEAN Games. Tahun depan saya harap kita bisa buat event seperti ini lebih besar. sehingga bisa dikenal mancanegara dan para delegasi yang berasal dari 48 Negara,” ujarnya.

Kemeriahan tidak sampai disitu, penampilan Duo Mahadewi sukses menghipnotis para penonton. semilir angin dan deburan ombak menemani penampilan Mahadewi yang malam itu membawakan sepuluh lagu.

Band duo besutan Ahmad Dhani itu mengawali penampilannya dengan lagu “Bendera”. Lagu itu sengaja dibawakan karena masih dalam suasana HUT RI ke-72. Beberapa tembang milik Dewa 19 seperti “Cemburu”, “Dua Sejoli”, “Risalah Hati”, “Sumpah I Love You” serta “Cukup Siti Nurbaya” sukses membuat penonton yang berjumlah ribuan itu, tidak beranjak selama kegiatan berlangsung.

Tidung Festival 2017 tidak berakhir dengan penampilan Duo Mahadewi. Pada Minggu (20/8) penduduk dan wisatawan juga disuguhi dengan berbagai macam kegiatan lomba dan aktifitas peduli lingkungan dengan menanam 10 ribu bibit mangrove, serta aksi bersih pantai.(*)