JABUNG – Wisatawan yang hendak menikmati pesona Gunung Bromo dari Malang kian banyak pilihan tempat beristirahat, barang sejenak. Sebab, tak lama lagi bakal ada rest area baru di kawasan Desa Kemiri, Kecamatan Jabung. Selain fasilitas tempat parkir yang luas, tempat ini akan dilengkapi kafe dan tempat selfie berkonsep alam. Kemarin (20/7) persiapan pembukaan rest area dilakukan dengan kegiatan kerja bakti. ”Hari ini kami kerahkan sekitar 125 orang untuk sama-sama kerja bakti,” terang Adm Perhutani KPH Malang Arif Herlambang. Mulai dari personel Perhutani; karang taruna; dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Tungguan, Magersari; hingga peserta didik magang juga ikut terlibat. Arif mengakui, pembangunan rest area di tempat tersebut karena menjadi jalur yang kerap dipilih wisatawan yang hendak ke Gunung Bromo.
Sesuai rencana, rest area tersebut bakal dibuka Agustus mendatang. Tempat itu menjadi rest area ketujuh yang dibuat Perhutani KPH Malang. Sebelumnya, ada rest area di Kasembon; Bendosari, Pujon; Gubugklakah; Rejosari; Druju; dan Tambakrejo yang telah didirikan.
Untuk pengembangan dan pengoperasian rest area, Perhutani menyerahkan sepenuhnya pada LMDH Tungguan, Dusun Magersari, Desa Kemiri, Jabung. ”Nanti kami konsep lebih lanjut. Untuk sementara, kami bersihkan dan tata dulu jalan setapaknya,” terang Ketua LMDH Tungguan Kaseno.

pewarta: bayu mulya
penyunting: neny fitrin
foto: bayu mulya