Sudah menjelang masa-masa akhir perkuliahan nih, pasti teman-teman mahasiswa sudah pada nggak sabar untuk segera bepergian. Sebaiknnya rencana liburan sudah dipersiapakan jauh-jauh hari agar lebih matang. Yang paling hits sekarang, liburan ke pantai, karena pantai-pantai di Malang cukup memakan waktu, nah ini ada beberapa tips buat teman-teman yang berencana liburan ke pantai.

1. Tentukan destinasi pantai. Sebelum berangkat, lihat dulu review-review pantai di internet agar nantinya tidak menyesal dan tahu informasi mengenai pantai tersebut. Malang sendiri memiliki banyak pantai di daerah Malang Selatan, beberapa rekomendasi pantai ada Pantai Sendiki, Pantai Tiga Warna, Pantai Gatra, Pantai Batu Bengkung, Pantai Goa China, Pantai Balekambang, dan masih banyak lagi.

2. Pastikan kesiapan kendaraan. Teman-teman yang berpergian pastikan kendaraan Anda siap untuk menempuh jarak yang jauh. Periksa dulu keadaan rem, mesin, serta kelengkapan surat-surat. Buat teman-teman yang menggunakan motor, siapkan jas hujan atau mantel untuk mempersiapkan keadaan terburuk.

3. Membawa uang lebih. Karena selama perjalanan teman-teman tidak dapat memprediksi hal apa yang akan terjadi, maka sebaiknya teman-teman membawa uang lebih untuk mengantisipasi hal-hal terburuk seperti ban bocor, bensin habis, membeli jas hujan, atau kelaparan di tengah perjalanan juga untuk uang masuk wisata pantai.

Sekian beberapa tips liburan ke pantai. Buat teman-teman yang ingin berpergian pastikan untuk tetap menjaga keselamatan selama berkendara, dan jadilah mahasiswa yang peduli akan kebersihan lingkungan.

Pewarta: Aldo Buntulobo
Penyunting: Lizya Oktavia
Foto: Doli Siregar