’’Kami penasaran dengan Pulau Bawean,’’ kata Benjamin Valerie, salah satu dari rombongan turis tersebut kepada Jawa Pos.

Lelaki berpaspor Prancis itu ingin mengeksplorasi eksotisme berbagai objek wisata di pulau berjarak 80 mil laut dari Gresik tersebut. Dia membawa istrinya, Sacha Solal, serta dua anaknya. ”Kami sudah sebulan di Indonesia. Salah satu tujuan perjalanan kami adalah Bawean,” ungkapnya.

Oliver Pascale, turis lainnya, mengaku mendapat informasi tentang Bawean dari internet. Di YouTube, panorama Bawean begitu indah. Salah satunya adalah Gili Noko. Dia penasaran dengan hamparan pasir putih di pulau itu. Selain pantai, wisatawan Prancis tersebut akan mengeksplorasi pemandangan bawah laut Bawean.

Para turis sudah menyiapkan peralatan snorkeling dan diving. Pertama, Gili Noko. Lalu, mereka menyelam di perairan Pulau Cina. Pantai di Telukjatidawang, Kecamatan Tambak, itu menyimpan pesona bawah laut yang mengesankan.

Pantainya bening. Aneka biota laut berkembang biak. Saking beningnya, pemandangan bawah laut terlihat jelas dari atas. Kelebihan lain dari Pulau Cina adalah tebing karangnya. Batu-batu andesit yang menjulang mengelilingi pulau mungil tersebut. ’’Kami tidak sabar menyelam di sana,” ujar Oliver.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gresik bangga dengan banyaknya kunjungan wisman ke Bawean. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Mighfar Syukur menyatakan, kunjungan itu merupakan hasil dari gencarnya promosi wisata. ’’Strateginya dengan menggencarkan promosi paket wisata melalui duta wisata,” jelasnya.

Pada 26–29 Oktober mendatang, digelar event Gelar Pesona Wisata dan Budaya Bawean. ’’Ini bagian dari promosi dengan dibantu Dinas Pariwisata Provinsi Jatim,” terang Mighfar.

Untuk menarik pengunjung, Pemkab Gresik terus membenahi infrastruktur. Misalnya, perbaikan jalan lingkar Pulau Bawean. Meski masih menggunakan paving, aksesnya cukup mulus.

Pemerintah juga memasang papan petunjuk arah ke tempat wisata. ’’Kami ingin potensi wisata Bawean dikelola dengan maksimal,” tutur Miftahol Jannah, anggota DPRD Gresik asal Bawean.


(mar/c18/roz)

Source link