Ketua Divisi Media dan Informasi PPI Maroko Usamah Aljihadi mengatakan, wisata Gurun Sahara merupakan wisata yang paling dikenal di Maroko, hingga ada ungkapan seperti ini, “Jika belum mengunjungi Sahara, berarti belum sampai di Maroko.”

Karena memang untuk sampai ke sana tidak mengeluarkan banyak biaya walaupun harus menempuh perjalanan yang lumayan panjang.

’’Yang paling tidak kalah penting adalah suguhan pemandangan eksotis dari refleksi warna gurun yang keemasan, apalagi jika ditambah kombinasi warna sunset yang seakan semakin sempurna,’’ papar Usamah.

Dia juga menjelaskan, Merzouga adalah kota yang paling dekat dengan Sahara di Maroko, berada di bagian utara dan cukup jauh dari kota-kota besar seperti Rabat, Casablanca, Fez, dan Tager. Di antara kota-kota tersebut, yang paling dekat dengan Merzouga adalah Marakesh. 

Untuk menuju Sahara memang tidak sulit, tapi juga tidak mudah. Karena transportasi yang tersedia tidak banyak, maka sebagian besar pelancong lebih memilih menggunakan jasa agen perjalanan untuk menikmati Sahara karena harga paket-paket yang ditawarkan juga relatif terjangkau.

Para agen perjalanan di Marakesh paling banyak menawarkan paket perjalanan ke Sahara dibanding kota-kota lainnya, seperti di kota Fes, karena jarak dari Marakesh ke Merzouga dan Sahara memang lebih dekat dan mudah. Juga, karena Marakesh dikenal sebagai pusat kota para turis di Maroko.

Harga paket yang ditawarkan oleh para agen perjalan ke Sahara juga tidak jauh berbeda; untuk paket perjalanan 3 hari 2 malam, harga yang ditawarkan berkisar 850-950 dirham atau setara dengan sekitar Rp 1- Rp 1,3 juta.

Jika tidak memiliki banyak waktu, bisa juga memilih untuk mengikuti paket perjalanan 2 hari 1 malam dengan harga yang lebih murah. Harga yang ditawarkan sekitar 650-750 dirham atau setara dengan 800,000 hingga 1 juta rupiah. (*)


(ina/JPC)

Source link