Bermalam Di Tengah Gurun, Naik Unta Esok Harinya

’’Harga paket yang ditawarkan oleh para agen perjalan ke Sahara juga tidak jauh berbeda, untuk paket perjalanan tiga hari dua malam, harga yang ditawarkan berkisar 850-950 dirham atau setara Rp 1-1,3 juta ,’’ papar Usamah.

Jika tidak memiliki banyak waktu, bisa juga memilih untuk mengikuti paket perjalanan dua hari satu malam dengan harga yang lebih murah. Harga yang ditawarkan sekitar 650-750 dirham atau setara dengan Rp 800.000 hingga Rp 1 juta.

Usamah juga mengatakan, jika memilih perjalanan dengan menggunakan transportasi publik, maka bisa menggunakan bus atau minibus yang memakan waktu sekitar 10-12 jam untuk sampai ke pinggiran kota Merzouga.

Setelah itu, turis harus menunggang unta menuju Sahara. Bus yang memiliki rute langsung dari Marakesh ke Merzouga adalah bus Supratour, yang merupakan cabang dari perusahaan kereta api ONCF, dimana jadwal keberangkatan yang tersedia adalah pada pukul 08.00.



Namun, kekurangan menggunakan transportasi ini adalah terlewatinya banyak tempat indah yang layak untuk dikunjungi di sepanjang perjalanan.

Usamah merinci kegiatan turis dari pagi hingga malam. Di malam hari setelah perjalanan dari Merzouga turis menginap di tenda penginapan yang sudah disiapkan oleh agen. Tidak perlu khawatir, di dalam tenda sudah disediakan kasur dan selimut tebal agar para turis bisa tidur dengan cukup di tengah padang pasir.

Saat beristirahat malam, para turis menikmati musik tradisional Maroko atau biasa disebut musik Berber. Makan malam juga ala suku Berber, yaitu Couscous dan Tajin.

Paginya, para turis kembali berjalan pulang dengan menggunakan unta sambil menikmati udara pagi padang pasir dan panorama matahari terbit. Udara pagi di Sahara dingin menyengat, kontras dengan udara sore dan malam yang panas.

’’Beberapa hal yang harus dipersiapkan saat ke Sahara adalah baju hangat untuk pagi hari. Jangan kaget, tidak ada kamar mandi dan toilet disini, jadi bawalah tisu pembersih dan air secukupnya baik untuk minum atau mencuci muka,’’ ungkapnya. (*)


(ina/JPC)

Source link