STAR WARS EPISODE VIII: THE LAST JEDI: Syuting di jalan utama kota tua Dubrovnik, Stradun, membuat jalan itu tak bisa digunakan selama sepekan. Tim produksi juga menambahkan dan memodifikasi beberapa properti di area tersebut. Siap-siap setelah film ini tayang Desember 2017, bisa dipastikan jumlah turis meningkat pesat.
(INDRIANI PUSPITANINGTYAS/JAWA POS)

JawaPos.com – Sebelumnya saya menceritakan acara jalan-jalan ke beberapa kota besar Kroasia. Nah, kali ini saya mau bercerita soal satu destinasi khusus: Dubrovnik. Belakangan, kota di tepi Laut Adriatic itu semakin populer gara-gara dijadikan syuting serial televisi paling nge-hit, Game of Thrones.

GAME OF THRONES: Seri drama fantasi produksi HBO ini menjadikan kota tua sebagai lokasi utama untuk ibu kota Seven Kingdom, King’s Landing. Misalnya adegan diskusi Varys dengan Tyrion untuk mempertahankan kota dari serbuan Stannis Baratheon ini.
(INDRIANI PUSPITANINGTYAS/JAWA POS)

DUBROVNIK bisa dicapai dengan berbagai cara. Kalau dari Indonesia, ada penerbangan langsung dari Jakarta dengan Turkish Airlines. Kita juga bisa naik kapal pesiar maupun perjalanan darat dari Split. Saya dan rombongan jurnalis tiba saat malam. Bersama perwakilan Turkish Airlines, kami menginap di Hotel Kompas Dubrovnik, hanya 15 menit jalan kaki dari kota tua.

Kami masuk ke kompleks kota tua melalui Pile Gate. Di dalam sana terdapat gereja, air mancur, istana, dan rumah kuno bergaya gotik, renaisans, hingga barok yang terpelihara dengan baik. Tak heran jika wilayah tersebut ditetapkan sebagai Warisan Dunia UNESCO pada 1979. Seluruh kota itu layaknya sebuah museum yang mengingatkan pengunjung akan kejayaan Dubrovnik masa lampau sebagai pusat perdagangan maritim terdepan di Mediterania.

Jalan-jalan ke Dubrovnik, Langganan lokasi syuting

SANTAI: Tebing di sisi benteng ini dimanfaatkan sebagai tempat nongkrong wisatawan untuk menikmati matahari terbenam. Es krim gelato jadi makanan favorit yang disajikan di sini.
(INDRIANI PUSPITANINGTYAS/JAWA POS)

Batuan gamping berwarna cokelat keabuan mendominasi kota. Tampak elegan. Ketika malam, batuan tersebut berkilau tersapu cahaya lampu yang temaram. Keindahan kota tua ini memang tak bisa dielakkan. Wajar saja jika banyak sineas Hollywood melirik Dubrovnik menjadi lokasi pengambilan gambar buat film atau serial televisi garapan mereka.

Beberapa di antaranya adalah Game of Thrones dan Star Wars: The Last Jedi. Maret 2016, tim produksi Star Wars: The Last Jedi syuting di Dubrovnik lebih dari seminggu. Tepatnya, di Stradun, jalan utama di kota tua. Tak seperti film-film yang sebelumnya syuting di sana, pihak produksi film menutup lokasi. Selama sepekan itu segala kegiatan di jalan utama harus berhenti total.

Jalan-jalan ke Dubrovnik, Langganan lokasi syuting

GAME OF THRONES S5 Tangga bergaya barok di ujung Jesuite Street ini menjadi lokasi foto paling disuka turis. Sebab, mereka bisa bergaya seperti Cersei yang menjalani Walk of Shame di musim kelima. Tapi nggak boleh sambil telanjang yaaa…
(INDRIANI PUSPITANINGTYAS/JAWA POS)

’’Banyak adegan ledakan. Jadi, mereka (tim Disney, Red) memberlakukan sterilisasi untuk area tersebut selama syuting berlangsung,’’ jelas Ivan Vikovic, pemandu kami. Gara-gara dijadikan lokasi syuting Star Wars, Kota Dubrovnik ditaksir meraup pendapatan sekitar EUR 6 juta atau sekitar Rp 94,9 miliar!

’’Secara tidak langsung, masyarakat sekitar lokasi mendapatkan pemasukan dari menyewakan penginapan, kafe, serta banyak hal lainnya yang menunjang proses syuting film itu,’’ ujar Sandra Milovcevic, kepala humas Dubrovnik Tourist Board. Termasuk di antaranya kompensasi bagi 120 pemilik usaha yang gerainya ditutup selama syuting.

Jalan-jalan ke Dubrovnik, Langganan lokasi syuting

PROTO FISH RESTAURANT Ada beberapa restoran di Dubrovnik yang jadi rekomendasi Michelin Guide. Salah satu yang bisa dicoba adalah Proto Fish Restaurant. Menu andalannya, antara lain, salad gurita, kakap putih, dan pencuci mulut tradisional khas Dubrovnik, rozata.
(INDRIANI PUSPITANINGTYAS/JAWA POS)

Kalau film tersebut tayang, dijamin Dubrovnik bakal semakin riuh. Mungkin akan ada tur Star Wars. Soalnya, sekarang saja ada tur Game of Thrones. Aktivitasnya berkeliling lokasi syuting King’s Landing sampai menduduki singgasana Iron Throne di Pulau Lokrum. Biayanya HRK 175 atau sekitar Rp 385 ribu sekali jalan. Belum lagi hasil penjualan pernik-pernik resmi di pertokoan sekitar dinding kota. Menang banyak nih!(*)

Jalan-jalan ke Dubrovnik, Langganan lokasi syuting

TAKHTA BESI: Lokasi syuting yang terletak di Pulau Lokrum ini jadi rebutan turis untuk berpose layaknya sang ratu, Cersei. Beruntung saat foto di sana tidak perlu antre panjang. Penulis duduk di kursi ikonik tersebut (kanan). Cuplikan dalam serial Game of Thrones (kiri).
(INDRIANI PUSPITANINGTYAS/JAWA POS)


(*/c22/na)

Source link