Seorang pengunjung dengan mengenakan busana ala wayang menjajal flying fox kemarin (16/1).

MALANG KOTA – Satu inovasi dilakukan pengelola Kampung Topeng, Kelurahan Tlogowaru, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Untuk mendongkrak wisatawan, di kawasan tersebut ditambah wahana flying fox. Jadi, wisatawan yang ingin ”terbang” dengan latar belakang Bukit Buring nan indah bisa datang ke kampung berjuluk Desaku Menanti ini. Kemarin (16/1) wahana baru itu diresmikan Sekkota Malang Wasto dan Kepala Dinsos (Dinas Sosial) Pemkot Malang Sri Wahyuningtyas.

Untuk ikut merasakan sensasi terbang, Wasto tak sungkan menjajal flying fox. ”Jangan khawatir, ini aman bagi orang tua. Ini olahraga untuk jantung,” kata Wasto usai menjajal wahana baru tersebut.

Dia meyakini, dengan penambahan wahana tersebut dapat menumbuhkan nilai ekonomi kawasan Kampung Topeng Malangan. Inovasi pengadaan wahana flying fox dianggapnya akan menambah nilai jual kampung wisata tersebut. Mantan Kabag Hukum Pemkot Malang itu pun menyatakan, mendorong anak dan masyarakat luas untuk rekreasi di Kampung Topeng Malangan itu. Jadi, semakin banyak wisatawan, maka ikut mendongkrak perekonomian warga sekitar Kampung Topeng.

”Kami harap ini jadi model pengentasan kemiskinan secara riil,” tandasnya.

Kadinsos Sri Wahyuningtyas sendiri menyatakan, penambahan wahana tersebut bisa berdampak kepada ekonomi sekitar. Para pedagang di sana, kata dia, akan kecipratan berkah dari banyaknya kunjungan wisatawan setelah adanya wahana hasil bantuan dari BNI tersebut.

”Operatornya nanti kami akan latih dari warga setempat,” terangnya.

Pewarta: Fajrus Shiddiq
Penyunting: Abdul Muntholib
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Falahi Mubarok