Disparbud Evaluasi Sistem Perparkiran Balekambang

KEPANJEN – Kemacetan menggila di jalur menuju lokasi wisata di Malang Selatan saat libur Lebaran tahun lalu seharusnya tak terlulang lagi. Terutama, akses masuk ke pantai Balekambang. Hal itulah yang menjadi bahan evaluasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang.

Kepala Disparbud Made Arya Wedantara menyatakan, tidak jauh beda dengan tahun sebelumnya, Pantai Balekambang diperkirakan masih akan menjadi jujukan wisatawan untuk berlibur.

”Ada banyak tempat wisata yang baru, tapi kemungkinan Pantai Balekambang masih menjadi jujukan prioritas,” kata Made kemarin (23/6).

Pada momen Lebaran tahun lalu, tempat wisata di Kabupaten Malang didatangi 105 ribu wisatawan, baik dari Malang maupun luar kota. ”Tahun ini, prediksi kami akan bertambah sampai 120 ribu pengunjung,” tambahnya.

Bertambahnya daya kunjungan wisatawan ini, Made menyatakan, dipengaruhi banyaknya spot swafoto baru yang disiapkan oleh disparbud untuk memberikan kenyamanan pada pengunjung.



”Di beberapa titik sudah kami bangun spot selfie yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk beristirahat dan berfoto,” ujarnya.

Belajar dari pengalaman di tahun sebelumnya, untuk menyambut serbuan wisatawan tersebut, Made menyampaikan, pihaknya akan meningkatkan pengawasan dari aspek parkir.

”Kemacetan panjang menuju Pantai Selatan disebabkan kapasitas tampung parkir yang tidak terkoordinasi. Ini yang akan kami beri perhatian khusus pada tahun 2017,” kata Made.

”Yang terjadi selama ini, lahan parkir sudah penuh. Tapi, pihak pengelola masih memberikan kesempatan pada pengunjung yang mengantre untuk masuk ke tempat wisata. Akibatnya, mereka tidak bisa parkir dan yang ingin keluar pun terhalang,” terangnya.

Made meminta pada pihak pengelola agar tegas memberitahukan para pengunjung jika memang kapasitas tampung parkir sudah tidak mencukupi. Setiap tahun, dari sektor parkir wisata, pihak Jasa Yasa bisa mengumpulkan pundi-pundi hingga mencapai Rp 1,5 miliar.

Dengan demikian, harapannya, para wisatawan tidak menghabiskan waktu untuk mengantre. ”Toh wisata pantai di Kabupaten Malang selain Balekambang masih sangat banyak. Jadi, ini kesempatan kami untuk memperkenalkan pantai-pantai lain pada wisatawan,” tukasnya.

Pewarta: Farikh Fajarwati
Penyunting: Achmad Yani
Copy Editor: Neny Fitrin
Foto: Doli Siregar