Wana wisata Coban Glotak.

WAGIR – Libur Lebaran yang panjang dimanfaatkan warga untuk berwisata bersama keluarga. Seperti yang terlihat di lokasi wisata alam Coban Glotak di Desa Dalisodo, Kecamatan Wagir, ini. Destinasi wisata alam ini ramai diserbu wisatawan sejak H+3 Lebaran.

”Hari ini bahkan sampai macet di sepanjang jalan desa menuju Coban Glotak,” terang Camat Wagir Ichwanul Muslimin. Pengunjung pun tak perlu merogoh kocek untuk menikmati wisata alam ini karena dibuka secara gratis.

Meski harus melalui jalan yang belum beraspal, minat wisatawan untuk menikmati pesona Coban Glotak tak terbendung. Jumlahnya bahkan mencapai ribuan. Bukan hanya dari Malang, para wisatawan tersebut juga banyak yang datang dari luar Malang Raya, seperti Blitar, Kediri, Trenggalek, Tuban, bahkan Jawa Tengah dan Jawa Barat.

”Kebanyakan dari mereka pendatang yang sedang mudik Lebaran di Malang,” ujar Ichwan.

Ramainya pengunjung ini semakin bertambah dengan adanya hiburan gratis yang dilakukan oleh masyarakat desa setempat. ”Sejak kemarin, warga sekitar juga menggelar pertunjukkan seni tradisional, seperti jaranan dan bantengan,” sambungnya.

Mantan camat Pagelaran itu menambahkan bahwa tingginya kunjungan ke Coban Glotak tak lepas dari promosi yang mereka lakukan.

”Lewat media sosial dan dari mulut ke mulut biasanya. Jadi setiap ada tamu, kerabat, atau orang lain yang berkunjung ke Wagir, pasti kami tunjukkan kalau di sini ada wisata alam air terjun Coban Glotak,” beber Ichwan.

Pemerintah desa setempat bersama Perhutani terus berupaya agar Coban Glotak makin diminati wisatawan. Terutama dalam hal penambahan fasilitas penunjang, seperti spot selfie serta peningkatan kualitas akses menuju coban.

”Untuk prioritas, kami utamakan peningkatan aksesibilitas, karena kalau aksesnya masih seperti sekarang, wisatawan pasti masih kesusahan untuk menjangkau,” jelasnya.

Pewarta: Farik Fajarwati
Penyunting: Achmad Yani
Foto: Falahi Mubarok