Kata Usamah, ingin mendapatkan sensasi backpacker dan tidak ingin kelewatan tempat-tempat menarik lain, bisa memakan waktu lebih lama menjelajah gurun sahara, sekitar enam hari.

’’Hari pertama mengambil bus siang menuju Ouarzazate agar bisa menikmati makan malam di pusat kota Ouarzazate. Jadi, turis bisa menikmati pagi hari dengan berkeliling di kota Marakesh atau sekedar duduk menikmati secangkir kopi dan beberapa makanan ringan di sebuah kafe, seru kan,’’ paparnya.

BEDA: Pemandangan yang tidak ada duanya di Gurun Sahara.
(Gurun Sahara, jalan-jalan ke Gurun Sahara, Perjalanan ke Maroko,)

Selanjutnya, di hari kedua, turis dapat bangun di pagi hari untuk mengunjungi Ait Benhaddou yang merupakan studio shooting film-film Hollywood.

Perjalanan ke  Ait Benhaddou dari Ouarzazate memakan waktu 30 menit menggunakan grand taxi dengan ongkos sekitar 250 dirham, setara dengan Rp 360 ribu. Atau bisa juga dengan berbagi tumpangan dengan warga lokal dengan ongkos yang jauh lebih murah, sekitar 20 dirham, atau setara dengan Rp 29 ribu. 

Setelah itu, turis bisa singgah di Atlas Studio saat kembali ke Ouarzazate dengan biaya taxi tambahan sekitar 100 dirham, setara dengan Rp 144 ribu.  Turis juga dapat menghabiskan sore hari untuk singgah di Kasbah Taourirt dan mengunjungi Cinema Museum.

Pada hari ketiga, turis bisa mengambil bus CTM pukul 11.45 menuju Boumalene Dades dengan ongkos 40 dirham atau setara dengan Rp 58 ribu. Kemudian berpindah ke minibus menuju Dades Gorge. Ini adalah tempat bagi penyuka hiking. 

Check in di hotel sekitar pukul 15:00. Selanjutnya, turis dapat menikmati secangkir teh Maroko yang khas atau mengeksplor daerah sekitar di malam hari.

Hari keempat, turis bisa berangkat di pagi maksimal pukul 08.00 untuk hiking di Dades Gorge dan menelusuri perbukitan sekitar 4-5 jam.

Pastikan untuk kembali ke Boumalene Dades dan mengambil bus ke Merzouga pukul 15:00. Tiket menuju Merzouga dapat dibeli di sebuah toko berstiker Supratour di jendelanya,  yang terletak di pinggir barat jalan utama, yang juga merupakan tempat pemberhentian bus Supratour. Perjalanan menuju Merzouga memakan waktu enam jam.

Pada hari kelima, turis bisa berangkat menuju Sahara dengan jasa menunggangi unta yang banyak ditawarkan di Mezouga.

Untuk mendapatkan informasi lebih banyak tentang penyewaan unta bisa dilihat di CamelTrekking.com. Mereka hanya berangkat di sore hari ketika udara mulai sejuk. Setelah itu, nikmatilah perjalan menuju padang pasir Sahara.

Setelah sekitar 30 menit, unta yang ditunggangi berhenti sejenak untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Gundukan–gundukan padang pasir yang terhampar begitu indah diterpa warna kejinggaan sampai matahari pun menghilang.

Hari keenam, jika turis memilih trip satu malam, turis dapat kembali ke Merzouga di pagi. ’’Namun, jika memilih trip dua malam, dan sangat disarankan, maka di hari kedua kita dapat menikmati hari di padang pasir yang berwarna keemasan. Tentunya akan menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan,’’ ungkapnya. (*)


(ina/JPC)

Source link