Rp 3 M untuk Percantik Lima Destinasi Wisata

KEPANJEN – Lonjakan jumlah wisatawan selama libur Lebaran membuat Dinas Pariwisata dan Kebudayaaan (Disparbud) Kabupaten Malang kian bersemangat mengoptimalkan fasilitas destinasi wisata lama maupun baru. Salah satunya, mengajukan usulan penambahan anggaran tahun ini lewat mekanisme perubahan anggaran keuangan (PAK). Jumlah yang diusulkan Rp 3 miliar.

Dari hasil evaluasi pasca serbuan wisatawan di musim libur Lebaran, tercatat 125 ribu wisatawan yang menyerbu kawasan pesisir Pantai Selatan. Jika dibandingkan dengan musim libur Lebaran 2016 lalu, angka kunjungan mengalami peningkatan hingga 20 persen.

”Ini tentu menggembirakan karena peningkatan jumlah wisatawan cukup signifikan,” beber Kepala Disbudpar Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara.

Untuk mengoptimalkan fasilitas tempat wisata, pihaknya segera berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, seperti dinas perhubungan (dishub), dinas cipta karya, dan dinas PU bina marga.

”Dari segi wisata, ada beberapa hal yang masih harus kami perbaiki. Terutama untuk tempat-tempat wisata baru yang potensinya masih belum dimaksimalkan,” kata Made.



Targetnya, dalam momen libur pergantian tahun 2018, setidaknya ada lima tempat wisata yang akan dibenahi dan ditambah fasilitasnya.

”Kami koordinasi dengan dishub untuk menangani problem kemacetan yang sering terjadi dalam momen tertentu, seperti saat Lebaran kemarin,” jelas pria yang hobi offroad tersebut.

Sementara itu, dalam hal akses jalan menuju tempat wisata, Made menyampaikan, pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas cipta karya dan dinas PU bina marga.

Untuk menopang pengembangan wisata yang sudah ada, disparbud pun bakal mengajukan tambahan anggaran Rp 3 miliar dalam perubahan anggaran keuangan (PAK) 2017. Made menyebut, dana akan digunakan untuk pengembangan wisata di lima titik. Yakni, Desa Ngadas, Sanankerto, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari, Mulyorejo, dan Ngliyep. Targetnya, pengembangan kawasan wisata tersebut bisa diselesaikan tahun ini.

Pewarta: Farikh Fajarwati
Penyunting: Achmad Yani
Copy Editor: Indah Setyowati
Foto: Radar Malang