KABUPATEN – Cuaca berkabut dan hujan bukan halangan untuk berlari dari Ngadas, Kabupaten Malang, ke Gunung Bromo. Seperti Kolamara (Komunitas Lari Malang Raya) yang terus berlari dalam kondisi apa pun. Kemarin (21/1) mereka mengadakan Kolamara Trail de Bromo. Event yang diikuti lebih dari 230 peserta itu melewati rute Jemplang–Batok–Bromo–Lautan Pasir–Bukit Teletubbies–Jemplang.

”Jaraknya 25 kilometer,” jelas Ketua Panitia Kolamara Trail de Bromo Heru Prabowo Jumat malam (19/1). Heru menjelaskan, Gunung Bromo sengaja dipilih menjadi venue acara karena keindahan alamnya. ”Sebenarnya kami rutin dua minggu sekali lari pagi. Keliling kota jarak pendek 5–7 kilometer. Ini rute lari terjauh kami,” sebutnya.

Dia menambahkan, koordinator Kolamara Trail de Bromo Ivan Citra Wijaya menceritakan, hujan dan kabut menyelimuti gelaran Kolamara Trail de Bromo kemarin. ”Dari pagi hingga acara selesai, kami hujan-hujanan,” papar Ivan usai acara kemarin.

Namun, menurut dia, meski cuaca sedang tidak bersahabat dan keindahan alam Bromo tidak dapat dinikmati dengan maksimal, para peserta malah lebih terlihat antusias. ”Mereka malah senang hujan-hujanan,” ucapnya sambil tertawa.

Ivan melanjutkan, hujan membuat waktu tempuh lebih cepat karena peserta fokus berlari. ”Tidak ada yang foto-fotoan, jadi lebih cepat selesai,” jelas pria yang juga menjabat sebagai wakil koordinator Malang Trail Runner itu.

Event lari ini turut menggandeng 10 komunitas lari se-Malang Raya. Sebut saja Malang Trail Runners, Beyond Running Club, Running Goal Oriented, Run Malang Run, Batu Runner, Malang Freeletics, Makers Runner, LJ Runner, Naggala, dan Trail Seekers.

Kolamara Trail de Bromo turut didukung BNN (Badan Narkotika Nasional) Kota Malang dan Malang Care. Hadir memeriahkan acara ini yaitu Dandim 0833 Kota Malang Letkol Inf Nurul Yakin yang juga menjabat sebagai pembina Kolamara.

Sementara itu, BNN Kota Malang hadir untuk deklarasi antinarkoba saat di garis finis. Sedangkan Malang Care menerjunkan 15 dokter untuk pengobatan gratis di Desa Ngadas selama jalannya acara itu.

Pewarta :Lizya Oktavia
Penyunting : Aris Syaiful
Copy Editor : Dwi Lindawati