Salah satu destinasi utama adalah ke tiap pantai di sepanjang Belitung dalam rangka apresiasi kepada para guru atau Teacher’s Apreciation Day.

Berbagai destinasi menarik seperti tugu replika Batu Satam Nol Kilometer. Satam artinya pasir empedu. Spesialnya batu ini berasal dari meteor yang jatuh di tanah Belitung. Sekitar 200 meter dari tugu Batu Satam, para guru kemudian melanjutkan perjalanan dengan menjelajah ke pantai Tanjung Kelayang dan pulau-pulau kecil di sekelilingnya. Pantai ini memiliki pasir putih dan ombak yang cukup tenang.

Berbagai pantai di Belitung
(Ist for Jawapos.com)

“Pilihan kami mengunjungi pulau Lengkuas karena pulau ini sebagai presentasi dari kepulauan yang tersebar di sekitar Belitung,” kata salah satu guru, Lia Puspita Sari kepada JawaPos.com, Selasa (3/10).

Pulau Lengkuas memiliki pemandangan yang indah dengan mercusuar dan tempat untuk berwisata air. Dari mercusuar tersebut wisatawan dapat melihat pulau-pulau di sekitarnya. Belitung juga kaya dengan pantai, salah satunya pantai Tanjung Tinggi. Hamparan batu-batu granit besar melengkapi eloknya pantai tersebut. Lokasi ini juga semakin terkenal setelah menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi.

“Untuk menu khas di Belitung, menu yang kami pesan adalah Bedulang. Asal kata dari dulang yang berarti wadah. Penyajiannya berisi nasi dan lauk pauk berupa nampan dengan mangkuk kecil berisi ayam ketumbar, sate ikan, pindang ikan dan lengkap dengan lalap sayur, timun dan sambal serai,” kata Lia.

Selain itu, destinasi lebih cantik juga bisa dijumpai di Belitung timur. Di antaranya Gantong, Danau Kaolin, Rumah keong, Museum kata Andrea Hirata dan Kampoeng Ahok.

“Wisata kulinernya juga berbeda lagi, seperti udang mentega, ikan pindang tenggiri, lempa kuning, dan minuman khas jeruk hamoy,” katanya.

Seluruh pengalaman dan cerita itu juga akan dibagikan kepada siswa untuk lebih menghargai pelosok nusantara. Berbagai pengalaman dan ilmu yang diperoleh para guru, akan dituangkan melalui pengajaran kepada siswa.

“Teacher Apreciation Day ke-7 kali ini tentu dapat mempererat tali silaturahmi dengan para guru dan memberikan pendidikan terbaik untuk anak bangsa” kata Kepala Sekolah SMP Al Fikri Nur Alam Astuti yang akan digantikan oleh kepala sekolah yang baru.


(ika/JPC)

Source link