Wisata Sumber Suko di Desa Randuagung, Kecamatan Singosari, ini sudah dibuka sejak tahun lalu.

SINGOSARI – Desa-desa di Kabupaten Malang terus berlomba mengembangkan destinasi wisata. Salah satu yang sedang serius dikembangkan, yakni Desa Randuagung, Kecamatan Singosari. Sejak tahun lalu, spot mata air Sumber Suko sudah dibuka warga sebagai lokasi wisata.

”Belakangan ini kan banyak wisata yang bermunculan di desa-desa. Nah, masyarakat kami juga ingin memiliki tempat wisata sendiri. Akhirnya warga sekitar menata sumber mata air ini supaya bisa menjadi tempat wisata,” terang Saturi, pengelola Sumber Mata Air Sumber Suko.

Sebelum dijadikan tempat wisata, sumber air tersebut dimanfaatkan warga untuk memenuhi kebutuhan air di persawahan. Fungsi tersebut tetap dimanfaatkan hingga kini, varian untuk menambah daya tarik saja yang ditambah. Ada gazebo yang didirikan warga.

Dari tempat itu, Anda bisa menikmati pemandangan serbahijau, lengkap dengan hamparan air yang masih jernih.

”Kalau mau ke sini tidak dipungut biaya, hanya kalau mau menyumbang, kami tidak menolak. Ada kotak amal sukarela yang bisa diisi seikhlasnya,” sambung pria berusia 63 tahun tersebut.

Pengembangan lebih lanjut memang masih disiapkan. Karena itu, pengelola tidak memungut biaya untuk wisatawan. Salah satu ancang-ancang yang tengah disiapkan, yakni menyulap lokasi tersebut sebagai wisata religi. Selain sumber mata air, di sana memang terdapat dua makam yang diyakini warga sebagai makam dari keturunan wali.

Makam tersebut oleh warga dikenal sebagai tempat disemayamkannya Kiai Sayid Ali dan Kiai Sayid Utomo.

”Kalau hari-hari tertentu biasanya ada pengunjung dari luar kota. Mereka datang ke sini untuk berdoa lalu mengambil air. Nah, air dari sumber di sini diyakini membawa berkah,” tambah Saturi.

Pewarta: Farik Fajarwati
Penyunting: Bayu Mulya
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Darmono