Tak Cuma Belanja, Nikmati Pengalaman Camping dan Piknik di Singapura

3 Lokasi yang Cocok untuk Piknik dan Camping di Singapura

JawaPos.com – Singapura selalu dikenal sebagai kota metropolitan dengan kecanggihan yang fantastis dan keteraturan negaranya. Namun jika ingin mencari sudut lain di negara Singapura, ada beberapa pilihan menarik untuk berlibur lebih santai dan agak sepi. Anda bisa piknik sekaligus camping di sana.

Berkemah tentu merupakan pilihan liburan yang murah dan menyenangkan. Cukup mendirikan tenda dan membakar marshmallow di atas api unggun, akan lebih seru dilakukan di Singapura. Dilansir dari The Smart Local, Senin (21/10), beberapa lokasi yang bisa menjadi pilihan untuk piknik dan camping di Singapura, di antaranya,

1. Pulau Ubin

Bermalam di tenda di Pulau Ubin pasti akan seru. Sebab Anda harus mengawasi babi hutan langka. Dengan 10 menit perjalanan menggunakan bumboat, Anda akan merasa seperti melompat ke Back to the Future versi Singapura.

Berkemah di Pulau Ubin. (The Smart Local/Source: @arnaud_san)



Itu adalah kampung sungguhan di Singapura, dengan kurang dari 100 penduduk desa yang masih menjalani kehidupan indah di tahun 60-an di bawah atap kayu. Anda dapat menjadikan Jelutong atau Pantai Maman sebagai rumah untuk bermalam. Jika Anda baru kali ini melakukan camping, pilihlah Jelutong karena letaknya tepat di sebelah kota Ubin dan bahkan memiliki fasilitas untuk api unggun dan fasilitas toilet.

Tidak diperlukan izin, tetapi berkemah disarankan untuk memberi tahu petugas di Pos Polisi Pulau Ubin saat akan berkemah. Cara ke sana, sewa bumboat dari Terminal Feri Changi Point ke Ubin Jetty (USD 2 atau hampir Rp 30 ribu per perjalanan).

2. East Cost Park

Setiap orang di Singapura umumnya pernah ke East Coast Park, tetapi hanya sedikit yang melihat keindahannya dari senja hingga fajar. Jauh dari rumah, berkemah di sana akan memberi petualangan. Fasilitas dilengkapi dengan lubang barbekyu hingga toilet bersih.

Berkemah di East Coast Park Singapura. (Source: @dotzsoh/The Smart Local)

Anda akan terhibur dengan bangunan sandcastle, seluncur in-line, dan olahraga air seperti selancar. Cara ke sana cukup pergi dengan Stasiun MRT Bedok terdekat.

3. Taman Pasir Ris

Tidak lengkap tanpa malam romantis di bawah bintang-bintang di Pasir Ris Park. Adalah pilihan yang sempurna untuk berkemah di sisi pulau yang lebih tenang, dengan fasilitas modern yang Anda butuhkan. Saat siang hari, Anda dapat menjelajahi jejak hutan bakau seluas 6 hektar, tersesat di taman labirin, belajar naik papan dayung, atau naik kuda poni di Gallop Stable. Ini pasti akan menjadi kenangan terindah.

Berkemah diizinkan di area 1 dan 3 tepat di samping pantai. Cara ke sana cukup sambangi Stasiun MRT Pasir Ris terdekat.

Berkemah atau camping di Taman Pasir Ris, Singapura. (The Smart Local)

Tips Barang-barang yang Dibawa Saat Berkemah

Saat akan camping barang-barang yang wajib dibawa adalah tenda, jaket, dan kantong tidur agar tidur lebih berkualitas. Jangan lupa membawa air dan air kelapa. Lampu obor, lampu bertenaga baterai dan baterai ekstra.

Jangan lupa juga membawa perlengkapan mandi seperti sampo, sabun dan pasta gigi. Jangan lupa membawa pengisi daya portabel. Bawalah makanan kaleng, makanan kemasan, roti, mi instan, bahan bakar, dan alat makan sekali pakai untuk memasak. Dan paling penting adalah membawa kantong sampah. Wajib bersihkan setelah Anda memasak, terutama di pulau.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani